Tips dan Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

05.41 Mugiwara Upi 0 Comments

foto:haibunda.com

Orang tua baru terkadang merasa cemas saat memandikan bayi baru mereka yang baru lahir. Bagaimana tidak, bayi itu begitu kecil dan rentan terhadap penyakit. Selain itu, kulitnya juga sangat halus dan akan merasakan sakit bila terlalu kuat memegangnya. Bagi anda para orang tua mudah perlu belajar cara memandikan bayi baru lahir yang tepat. Nah, berikut ini ulasan tentang tips dan cara memandikan bayi!
Tempat pemandian bayi
Sebelum menerapkan cara memandikan bayi baru lahir, tentukan tempat pemandiannya yang tepat. Apakah Anda memandikan bayi di bak cuci piring yang dilapisi permukaan lembut atau bak plastik dengan selempang diletakkan di bak mandi sebenarnya. Penyiapan Anda harus stabil dan tidak boleh ada yang sulit atau tajam agar tidak melukai bayi anda.
Kamar yang hangat
Jaga agar suhu tetap terangkat sehingga tidak mengejutkan tubuh bayi saat ia keluar dari bak mandi. Bayi memiliki waktu yang sulit mengatur suhu inti tubuh mereka, jadi seharusnya tidak kedinginan terlalu lama.
Air
Isi bak mandi sekitar tiga inci dengan air sedikit lebih hangat suam-suam kuku. Tenggelamkan seluruh tangan dan pergelangan tangan Anda untuk memeriksa suhu. Air tidak boleh mengalir saat bayi ada di bak mandi, karena kedalamannya bisa cepat menjadi berbahaya, atau suhu air bisa berubah dan menjadi terlalu panas.
Teko plastik atau cangkir
Gunakan teko plastik atau cangkir untuk menuangkan air ke bayi dan bilas dia pergi. Peralatan itu lebih aman bagi bayi anda daripada air yang mengalir dari keran. Atau peras kain lap yang dibasahi air di atas kepala bayi untuk dibilas. Dan itu cara memandikan bayi baru lahir yang dianjurkan para ahli.
Sabun mandi
Keringat dan kulit mati yang menumpuk pada bayi bisa menghasilkan bau, anda bisa menggunakan sabun untuk mengusir semua itu dari tubuh bayi anda. Gunakan secukupnya jangan terlalu banyak karena dapat mengeringkan kulit bayi. Carilah sabun ringan dan tidak pedas untuk mata  si kecil. Gunakan sabun juga untuk untuk tubuh dan rambut bayi.
Mulailah dengan merendam bayi secara perlahan. Selalu simpan satu tangan pada bayi, dan ingat bahwa bayi sangat licin saat basah. Cuci muka terlebih dahulu, bersihkan satu area pada satu waktu sangat menakutkan bagi bayi agar seluruh wajah mereka tertutup kain lap. Saat Anda menurunkan tubuhnya, segera bersihkan seluruh tubuh ke dalam semua lipatan (termasuk di bawah lengan, di leher dan area genital).
Keringat dan kulit bisa menumpuk di daerah itu dan membusuk, menyebabkan ruam yang tidak enak, jadi penting untuk membuatnya tetap bersih dan kering. Lalu, pindahkan kembali dan cuci rambut bayi. Karena bayi kehilangan panasnya melalui kepala mereka, ini harus menjadi langkah terakhir Anda. Jika airnya masih hangat Anda bisa melakukan sedikit waktu bermain, tapi tahan dorongan untuk percikan terlalu lama karena air mendingin, bayi akan cepat kedinginan.

You Might Also Like