Pengertian dan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

21.53 Mugiwara Upi 0 Comments

Banyak orang yang berbicara tentang pendidikan anak usia dini atau PAUD tapi, belum tahu tentang pengertiannya, maksud dan tujuannya. PAUD adalah suatu upaya pembibingan yang dilakukan dengan cara memberikan rangsangan pendidikan pada anak mulai dari sejak lahi sampai berusia 6 tahun. 
foto:duniaanak.org
Tujuan diadakannya PAUD adalah untuk membantu tumbuh kembang anak-anak Indonesia secara jasmani dan rohani, sehingga nantinya anak mempunyai kesiapan memasuki dunia pendidikan lanjutan. Upaya pembinaan dan pembimbingan anak usia dini ini dilakukan melalui lembaga pendidikan formal dan nonformal. Nah, berikut ini satuan atau tahapan pendidikan anak usia dini:

Taman Kanak-Kanak (TK)
Tk merupakan satuan pendidikan anak usai dini yang berada di jalur pendidikan formal. TK menyelenggarakan program pendidikan untuk anak berusia 4 hingga 6 tahun. Anak-anak harus mendapatkan ijazah TK ini untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan sekolah dasar. 

Kelompok Bermain (KB)
Salah satu bentuk pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan nonformal adalah Kelompok Bermain (KB). KB mengadakan program pendidikan bermain sambil belajar yang menyenangkan dan mangajari bagaimana anak beradaptasi dengan teman maupun lingkungannya. Pendidikan ini biasanya diperuntukkan anak usia 2-4 tahun. 

Taman Penitipan Anak (TPA)
Selain KB satuan pendidikan anak usia dini lainnya di bidang nonformal yakni Taman Penitipan Anak. Pendidikan ini diselenggarakan untuk usia anak 0 – 6 tahun dengan tujuan untuk memperhatikan aspek kesejahteraan sosial anak-anak. Program pendidikannya dalam bentu permainan sambil belajar.

Satuan PAUD Sejenis (SPS)
Masih ada satu lagi yang termasuk satuan pendidikan anak usia dini pada pendidikan nonformal yaitu Satuan PAUD Sejenis (SPS). Program pendidikannya pun sama dengan bermain sambil belajar ditujukan untuk usia 0 – 6 tahun. Pendidikan ini diadakan secara mandiri atau integrasi dari berbagai layanan PAUD serta lembaga keagamaan di masyarakat. 

Pemerintah memberikan bantuan bagi lembaga yang menyelenggarakan pendidikan anak usai dini di jalur nonformal. Bantuannya berupa program BOP-PAUD (Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini). Dalam hal ini pemerintah membantu menyediakan dana operasional nono personalia yakni dana untuk pengadaan peralatan dan perlengkapan pendidikan serta biaya penyelenggaraan pendidikan tak langsung. 

Semua biaya operasional yang diberikan pada PAUD telah diatur sesuai peraturan yang berlaku. Jadi, pemerintah sangat mendukung tumbuh kembang anak Indonesia sejak dini dan akan selalu berusaha yang terbaik untuk menciptakan sumber daya manusia yang berprestasi.

You Might Also Like

0 komentar: